Home News MotoGP Espargaro Unggul, Pabrikan Jepang Dipermalukan

Espargaro Unggul, Pabrikan Jepang Dipermalukan

by VR46 Fans
aleix espargaro aprilia racing

Setelah memimpin Aprilia 1-2 di akhir latihan pertama, Espargaro melanjutkan performa kandangnya yang kuat untuk memuncaki sesi kedua dengan selisih 0,362 detik dari rekan setimnya, Maverick Vinales.

Yang terpenting, Espargaro berhasil menyelesaikan lap ini sebelum bendera kuning yang dikibarkan di akhir sesi karena motor Luca Marini rusak. Keputusan itu mengakibatkan banyak pembalap masih berada di lap terakhir.

Juara dunia bertahan Francesco Bagnaia melengkapi posisi tiga besar di akhir waktu yang sulit. Sementara, semua pembalap Jepang gagal lolos ke babak kualifikasi Q2.

Dalam sebuah adegan yang memalukan bagi Yamaha dan Honda, semua pilotnya menempati urutan ke-17 hingga 22, dengan pemenang GP Catalan 2022 Fabio Quartararo memimpin mereka.

Pada awal sesi yang berlangsung selama satu jam, Fabio Di Giannantonio dari Gresini Ducati mencatatkan waktu tercepat di 1:40,908 detik. Ia lalu diikuti dengan catatan waktu 1:40,180.

Sisa 35 menit, Bagnaia dari Ducati mengambil alih posisi terdepan dengan catatan waktu 1:40,149. Sang pemimpin klasemen tidak terlalu senang karena ia terus berjuang untuk menghentikan laju GP23 di Tikungan 1.

Hal ini menyebabkan diskusi teknis yang panik di dalam garasi di sekitar Bagnaia, sementara Vinales dari Aprilia mengambil alih posisi teratas sekitar 10 menit kemudian dengan catatan waktu 1:40,95 detik.

Vinales mencatatkan waktu tersebut hanya beberapa saat setelah hampir terlempar dari motor RS-Ga di Tikungan 3 saat bagian belakang motornya menabrak pembalap lain.

Dengan sisa waktu kurang dari 17 menit, Johann Zarco dari Pramac Ducati memulai balapan di posisi teratas dengan catatan waktu 1:40.061, yang kemudian ia tingkatkan menjadi 1m40.047.

Poin ini menandakan dimulainya fase serangan waktu terakhir saat para pembalap berusaha mendapatkan posisi Q2.

Di Giannantonio kembali ke posisi teratas dengan catatan waktu 1m39.621s, sebelum Vinales berhasil unggul tipis  1:39.594s.

Espargaro dengan cepat mengambil alih posisi teratas dari Vinales usai mengukir 1m39.389 detik, sebelum Zarco dan Vinales bergantian memimpin lagi.

Francesco Bagnaia, Ducati Team

Photo by: Gold and Goose / Motorsport Images

Namun, upaya terakhir dengan catatan waktu 1:38,686 detik, sebuah rekor lap baru, terbukti terlalu berat bagi para pembalap lain untuk menggeser Espargaro saat bendera finis dikibarkan.

Bagnaia hanya terpaut 0,013 detik dari Vinales di urutan ketiga, dengan Zarco di urutan keempat dan Brad Binder menjadi satu-satunya pembalap KTM yang lolos ke Q2 secara otomatis setelah mengakhiri sesi di posisi kelima.

Alex Marquez mengisi P6 di belakang Marco Bezzecchi dari VR46, Di Giannantonio, Enea Bastianini dari Ducati, dan Jorge Martin dari Pramac.

Pol Espargaro gagal meraih posisi 10 besar karena hanya terpaut 0,028 detik dari pembalap Tech3 GasGas di depan pembalap pabrikan KTM, Jack Miller, sementara Raul Fernandez dari RNF yang terjatuh di pertengahan sesi membuatnya harus puas di posisi ke-13.

Marini berada di urutan ke-15 setelah mengalami masalah teknis di belakang Miguel Oliveira dari RNF, sementara Augusto Fernandez (Tech3) memimpin tim pabrikan Jepang yang sedang terpuruk.

Quartararo terpaut 1,4 detik di depan rekan setimnya, Franco Morbidelli, sementara Marc Marquez  di urutan ke-19.

Fabio Quartararo, Yamaha Factory Racing

Photo by: Gold and Goose / Motorsport Images

Hasil Practice MotoGP Catalunya

Related Articles

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.