Alonso Tampil Cerdik di Race Moto3 Catalunya yang Dramatis

Alonso Tampil Cerdik di Race Moto3 Catalunya yang Dramatis jpg

Kerja keras dan dibumbui keberuntungan mengantarkan Alonso. “Ini kemenangan luar biasa. Tim melakukan pekerjaan dengan sangat baik. Saya cukup cerdik dalam pertarungan di lap terakhir karena kami semua bertarung keras,” ujarnya.

Deniz Oncu melakoni start dengan baik, Minggu (3/9/2023) pagi. Ia meluncur ke posisi pertama bak sebuah peluru dan dalam sekejap terbentuk rangkaian motor yang mencari slipstream.

Pembalap Turki mengungguli pemilik pole position  Ivan Ortola. Di belakang mereka, terjadi duel antara Jaume Masia dan Joel Kelso.

David Munoz menunjukkan agresivitas sehingga bisa maju enam grid di lap kedua, menjadi P13. Masia dan Kelso berhasil menyingkirkan Ortola sehingga mereka masuk zona podiu,

Pada lap ketiga, Dani Holgado membukukan waktu tercepat 1:48,902 tapi tidak cukup membuatnya bersaing di depan. Ia menghuni peringkat ke-10.

Di saat yang sama, Masia mengambil alih pemimpin rombongan dari Oncu. David Alonso pun maju ke urutan ketiga.

Ketika dua terdepan membuka gap, terjadi perebutan peringkat  ketiga antara Alonso, Stefano Nepa, Kelso dan Ortola.

Lap 4, Alonso dengan kecepatan tertinggi merebut posisi pertama. Di belakangnya, ada Oncu dan Ortola.

Pada putaran berikutnya, Filippo Farioli crash di Tikungan 4 dan insiden ini diselidiki Race Direction. Tak ada tindakan lebih lanjut yang diambil.

Sementara itu, Masia kembali ke dua besar setelah menyalip Oncu. Holgado berhasil menjangkau lima besar.

Penampilan mengesankan diperlihatkan Holgado pada lap 7. Pemuncak klasemen itu menerobos dua teratas dan naik ke peringkat pertama.

Posisi ketiga menjadi kursi panas yang paling sering berganti pemilik. Ortola, Alonso, Masia dan Munoz menempati meski singkat.

Oncu kembali ke puncak setelah lap 8 dan mendapat ancaman dari Holgado. Masia tak mau kalah dan terus menyerang mereka hingga dapat poisis kedua.

Lorenzo Fellon mendapat long lap penalty karena memotong jalan di Tikungan 2 pada lap 9. Ia harus melakukan ulang hukumannya. David Salvador dapat sanksi serupa karena melanggar track limit.

Pada lima lap terakhir, Mario Suryo Aji akhirnya terlihat di 22 besar setelah sebagian besar waktunya dihabiskan di grup paling belakang.

Oncu masih kokoh meski digempur oleh Masia yang berupaya memangkas gap, di depan Holgado. Kerja keras pembalap Leopard Racing membuahkan hasil di lap 16. Holgado terlempar keluar zona saat bersenggolan dengan Oncu. Pemimpin klasemen melebar dan turun ke P6.

Tiga besar dihuni Munoz dan Alonso selain Masia. Sedangkan, Mario Aji berhasil naik lagi ke urutan ke-19.

Dua lap penutup, persaingan makin ketat. Munoz naik ke peringkat teratas, tapi kehilangan posisi itu dari Alonso dan turun ke P4 beberapa saat kemudian. Holgado menyuguhkan penampilan mengagumkan dan melesat ke posisi pertama.

Masia sangat jeli mencari celah sempit sehingga dapat menyingkirkan Alonso. Strategi sama diterapkan kepada Holgado dan naik ke peringkat pertama.

Munoz melewati beberapa pembalap di sektor terakhir. Sementara, Holgado crash sehingga finis di urutan ke-22.

Pada akhirnya, Alonso melesat di antara Masia dan dan Munoz dan mencuri kemenangan. Kabar buruk untuk Oncu yang diganjar double long lap penalty yang setara dengan enam detik karena menjatuhkan Munoz di Tikungan 14.

Peringkat ketiga pun jatuh ke tangan Jose Antonio Rueda, yang merupakan podium perdana dalam kariernya di Moto3. Ia berada di belakang runner-up Jaume Masia.

Dani Holgado masih memimpin klasemen dengan 161 poin, unggul 13 poin dari Ayumu Sasaki dan 32 poin dari Jaume Masia. Mario Suryo Aji berada di urutan ke-25 dengan 4 poin.

Hasil Race Moto3 Catalunya

By VR46 Fans

Pecinta MotoGP yang berharap Valentino Rossi kembali muda dan berharap melihat Rossi kembali meraih juara dunia lagi.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version