Home News MotoGP Marc Marquez Melakukan Strategi Cerdas untuk Membuka Celah di GP San Marino

Marc Marquez Melakukan Strategi Cerdas untuk Membuka Celah di GP San Marino

by VR46 Fans
3447350.0008

Marc Marquez menjelaskan tantangan fisik yang dia hadapi dalam balapan MotoGP San Marino 2023.

Salah satu pembalap yang lebih cepat adalah adik muda Alex, yang berhasil ditekan oleh Marc hingga pertengahan tahap 13 putaran saat pembalap Repsol Honda tersebut menyerah di tempat kesembilan. “Hari ini saya memberikan yang ekstra, tapi untuk melakukan itu sangat melelahkan secara fisik dan sangat sulit dalam jarak balapan,” jelas Marquez. “Untuk satu putaran, seperti kualifikasi, tidak masalah, tapi dalam balapan pendek, saya tidak memiliki kecepatan di lap-lap awal untuk mengikuti pembalap teratas. Kemudian adik saya menyalip saya. Saya melihat bahwa itu dia dengan lebih banyak pembalap di belakang. Saya tahu dari latihan dia memiliki kecepatan yang lebih baik. Dan apa yang saya lakukan adalah membiarkannya menyalip saya untuk membantu membuka jarak dengan yang lain. Saya melakukan 3-4 putaran seperti kualifikasi, 32 detik rendah, menggunakan segalanya. Saya mendorong sangat keras di rem. Tapi saya tidak bisa mengendarai seperti ini dalam waktu yang lama dan kecepatan sebenarnya saya adalah 32,4, 32,6.”

Marquez menekankan bahwa ini bukan masalah kebugaran, tapi hanya seberapa banyak usaha yang diperlukan untuk mencari waktu di satu-satunya area yang mungkin dengan Honda, yaitu pengereman. “Saya dalam kondisi yang sangat baik sekarang dan di gym dan berlatih motor saya merasa sangat fit. Tapi ketika Anda memberikan yang ekstra, Anda perlu melakukannya pada titik pengereman,” katanya. “Di sisi akselerasi, semua Honda lebih atau kurang sama. Di lintasan lurus, semua Honda sama. Anda perlu melakukannya saat masuk tikungan dan saat perubahan arah dan untuk melakukannya, Anda harus mendorong lebih banyak, memaksa lebih banyak.”

“Yang membuat tekanan lebih besar pada lengan Anda terutama dalam balapan sprint, saya memberikan banyak torsi pada sepeda dan saya terlalu berjuang dengan wheelie. Jika saya mengendarai seperti saat berada di belakang adik saya selama beberapa putaran, saya akan mengalami arm pump,” tambahnya. “Tapi ini normal karena jika Anda mengendarai seperti saat kualifikasi selama 5-6 putaran, Anda akan merasa hancur. Saya perlu cerdas seperti hari ini. Mencoba menggunakan seluruh slipstream dari pembalap yang lebih cepat dari saya untuk membuka jarak dengan yang lain. Misalnya, hari ini saya tidak terlibat dalam perkelahian apa pun. Di tengah balapan ada Binder, Vinales, Espargaro saling bersaing di depan tapi saya tidak ikut. Karena saya tahu bahwa saya tidak memiliki kecepatan untuk bersama mereka. Jadi saya perlu menggunakan mereka untuk melarikan diri dari yang lain dan lebih rileks di akhir balapan.”

Dalam balapan Misano, pembalap lainnya dengan motor Honda berakhir di posisi 21 (Takaaki Nakagami), 22 (Stefan Bradl) dan 23 (Joan Mir, setelah mendapat hukuman) dengan pengganti LCR, Takumi Takahashi, yang tidak cukup cepat dalam latihan untuk bertanding dalam balapan. Dengan semua mata tertuju pada tes resmi hari Senin, ketika Marquez akan mencoba motor prototipe Honda 2024, pembalap Spanyol ini ditanya apakah dia telah membandingkan motornya dengan milik pembalap uji Stefan Bradl. “Tidak, akhir pekan ini, kita tidak bisa membandingkan data dengan Stefan,” ungkap Marquez. “Staf Jepang memutuskan seperti itu dan kita hanya membandingkannya dengan Honda lainnya. Mungkin pada hari Senin tentunya saya harap kita bisa membandingkannya dengannya.”

Meskipun demikian, juara dunia delapan kali ini telah membentuk beberapa impresi awal dari gambar dan waktu televisi. “Lihat, dalam sesi kualifikasi dia tidak buruk. Tapi dalam jarak balapan, dia lebih berjuang,” ujar Marquez. “Jadi pada akhirnya, karakter motor terlihat sangat mirip dan terutama cara untuk mencapai waktu putaran, jika Anda periksa sesi kualifikasi, dia mencari slipstream.”

“Saya tidak selalu mencari slipstream karena saya lebih suka mengikuti orang lain. Hal ini karena motor banyak berubah di belakang orang lain dan kita perlu memahami mengapa,” tambahnya. Karena biasanya dengan motor MotoGP, Anda lebih cepat sendiri dibandingkan dengan di belakang orang lain. Tapi dengan motor ini, tahun ini dan bahkan tahun lalu, penting untuk mengikuti seseorang.”

Related Articles

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.