Home News MotoGP Prioritas Utama Quartararo untuk Musim Depan: Performa Mesin

Prioritas Utama Quartararo untuk Musim Depan: Performa Mesin

by VR46 Fans
3452983.0008

Engine performance sebagai prioritas utama Quartararo untuk musim depan.

Kinerja mesin telah lagi menjadi prioritas utama bagi Quartararo musim depan. Desain saat ini, meskipun lebih baik daripada tahun 2022, masih tidak cukup kuat untuk menjalankan tingkat downforce yang tinggi dan menyalip motor-motor seperti Ducati, Aprilia, dan KTM tetap menjadi tantangan besar. Pembalap Prancis ini mengakui mesin prototipe 2024 terasa berbeda tetapi sulit untuk mengatakan apakah itu lebih baik daripada desain tahun ini. “Saya tidak bisa mengatakan sekarang. Saya perlu menguji lebih banyak, tetapi saya harapkan lebih baik dari ini,” kata Quartararo. “Perasaannya berbeda. Tetapi, seperti yang saya katakan, saya pikir saya mengharapkan lebih banyak tenaga, lebih banyak tenaga dan ya… Sulit mengatakan sesuatu yang benar-benar positif tentang mesin itu. Tetapi kita harus tetap positif dan mencoba menganalisis apa yang terjadi untuk memperbaiki tes di Valencia.”

Umpan balik tersebut kontras dengan tahun lalu, ketika Quartararo pertama kali mencoba mesin tahun ini, yang dirancang dengan bantuan desainer F1 sebelumnya, Luca Marmorini. “Pada 2022, ketika saya mencoba motor 2023 [di sini], saya pikir ini adalah pertama kalinya saya merasa mesin itu sedikit lebih baik. Tetapi hari ini, saya tidak merasakannya,” katanya. Marmorini memperhatikan dari pit Monster Yamaha, apakah Quartararo berbicara dengannya? “Saya berbicara dengan Luca sebelum balapan, tetapi tidak setelahnya. Jadi sekarang dalam sekitar 2 menit, saya akan berada dalam pertemuan [dengannya]. Jadi saya lebih suka datang [ke sini] sebelum pertemuan!”

Quartararo setuju bahwa tingkat cengkeraman yang tinggi di lintasan hari ini tidak membantu dalam pengujian suku cadang baru, karena Yamaha secara alami tampil lebih baik dalam kondisi seperti itu. “Hal terbesar bagi kami adalah saat lintasan memiliki cengkeraman yang tinggi, itu sepenuhnya mengubah motor kami. Saya mencatat waktu 31,4 dengan hampir 20 lap menggunakan ban ini. Dan ini adalah lap kualifikasi saya dari akhir pekan,” kata juara dunia 2021 tersebut, yang menyelesaikan tes dengan kecepatan tercepat keenam. “Tentu saja, yang lain jauh lebih cepat dari kami, tetapi perbedaan performa mereka dari cengkeraman rendah ke cengkeraman tinggi jauh lebih kecil daripada kami. Performa kami meningkat hampir satu detik, 7-8 persepuluh. Dan bagi mereka, tidak sebanyak itu.”

Quartararo juga waspada bahwa kelebihan cengkeraman seperti itu mungkin telah menyesatkan Yamaha di masa lalu. “Saya pikir tahun lalu kita salah dalam hal ini. Banyak motor yang meninggalkan ban Michelin dan lintasannya menjadi hitam. Jadi, ketika Anda membuka throttlenya, di akhir pekan balapan Anda harus mengendalikan karena ban itu tergelincir, tetapi sekarang Anda bisa membuka lebar dan itu palsu.”

Tetapi tidak semuanya buruk. Quartararo juga mencoba aero baru di bawah swingarm, yang bisa digunakan musim ini karena berada di luar zona ‘aero body’ yang dibatasi. “Salah satu hal yang positif adalah ‘spoon’ yang kami coba di bawah swingarm, jadi saya pikir ini akan kami gunakan pada balapan berikutnya. Dan sisanya, kami akan mencoba membangun beberapa hal baru untuk tes Valencia.”

Rekan setimnya, Franco Morbidelli, mencoba rangka yang berbeda tetapi tidak menyukainya.

Situasi saat ini Quartararo sering dibandingkan dengan mantan juara Marc Marquez di Honda. Kedua juara ini telah menuntut kemajuan teknis besar setelah kampanye 2023 yang buruk. Quartararo hanya mencatat satu podium grand prix musim ini, sementara Marquez hanya finis dalam tiga besar pada lomba pembuka Portimao Sprint. Sementara itu, lebih dari 100 poin memisahkan tiga merek Eropa – Ducati, KTM, dan Aprilia – dengan Yamaha dan Honda di posisi terakhir di klasemen konstruktor. Kemenangan terakhir Yamaha di MotoGP adalah lebih dari setahun yang lalu oleh Quartararo. Marquez tidak meraih kemenangan selama dua musim, meskipun Alex Rins berhasil mengakhiri paceklik Honda dengan kemenangan mengejutkan di COTA tahun ini. Sementara Marquez secara terbuka menggoda kemungkinan pindah dari Honda meskipun kontrak 2024, Quartararo berusaha untuk ‘tetap tenang’ dan ‘tetap sopan’. “Yamaha telah percaya kepada saya ketika saya masuk ke Moto2, dan sikap saya pada awal tahun ini sedikit lebih sombong daripada yang seharusnya saya lakukan,” kata Quartararo tentang reaksi terhadap performa M1 tahun ini yang mengecewakan. “Jadi tentu saja kita sedang menghadapi momen sulit, tetapi saya harus tetap sopan. Kami [Yamaha dan saya] sama-sama menginginkan yang sama dan tentu saja ini sulit, tetapi saya lebih memilih untuk tetap tenang dan mencoba membangun kombinasi yang lebih baik dengan semua orang.” Morbidelli menjadi pembalap tercepat kedelapan dalam tes yang dipimpin oleh Ducati 2022 Luca Marini.

Related Articles

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.