Menghadapi Tantangan Unik di Lintasan MotoGP Buddh International Circuit

3459138.0008 jpg

“Michelin Siap Hadapi Tantangan Unik di Buddh International Circuit MotoGP”

Dalam lintasan Buddh International Circuit, MotoGP akan menghadapi tantangan unik. Menjelang MotoGP di sirkuit ini, tidak ada tes sebelumnya yang dilakukan oleh para pembalap. Hal ini menjadi tantangan bagi penyedia ban resmi, Michelin, yang harus mencoba memprediksi jenis ban yang diperlukan untuk lintasan 4,96km yang cepat ini, yang terdiri dari delapan tikungan ke kanan, lima tikungan ke kiri, lintasan lurus sepanjang 1km, dan pengereman yang keras.

Biasanya, Michelin menyediakan tiga pilihan ban depan dan dua ban belakang pada akhir pekan MotoGP standar. Namun, dalam kasus-kasus seperti di India, yang belum pernah mengadakan tes sebelumnya, jumlah opsi bisa ditingkatkan. Oleh karena itu, Michelin akan menyediakan empat ban depan – satu versi lembut, sedang, dan dua versi keras, salah satunya dengan konstruksi yang sedikit lebih kaku. Tiga ban belakang juga akan tersedia dalam versi lembut, sedang, dan keras.

Jika terjadi hujan, Michelin akan menyediakan pilihan ban basah lembut dan sedang, baik untuk depan maupun belakang, dengan bagian sisi kanan belakang yang diperkuat karena jumlah tikungan ke arah kanan yang banyak.

Piero Taramasso, manajer Michelin dua roda, mengatakan bahwa “penemuan sirkuit ini akan sama pentingnya bagi mitra kami seperti bagi kami.” Situasi yang sangat menarik karena semua orang memulai dari nol dan strategi yang diadopsi pada awal acara akan menjadi krusial. Untuk itu, Michelin telah melakukan simulasi komputer untuk mencoba menyerap tekanan panas dan memilih kompon ban terbaik, tetapi jelas bahwa pengujian fisik akan menjadi penting untuk menyempurnakan pengaturan motor.

Ini merupakan satu-satunya kali musim ini kita akan balapan tanpa memiliki data sebelumnya. Analisis yang kami lakukan terhadap sirkuit ini menunjukkan adanya kesamaan dengan Red Bull Ring di Spielberg (Austria) atau Buriram (Thailand). Akibatnya, kami mengharapkan kondisi yang sangat menuntut untuk ban belakang, terutama di bagian sisi kanan.

Sejalan dengan regulasi, kami akan membawa kompon tambahan untuk ban depan dan belakang. Untuk memenuhi tuntutan yang diharapkan, kami telah memilih ban simetris untuk depan dan ban asimetris di belakang – yang akan diperkuat di sisi kanan.

Kami sangat menantikan kedatangan di sirkuit ini dan melihat motor pertama keluar di lintasan!

Seperti biasa, sesi Jumat kedua akan menentukan sepuluh pembalap teratas yang langsung melaju ke Kualifikasi 2. Lalu, akan ada sesi latihan bebas terakhir pada Sabtu pagi, diikuti oleh kualifikasi, dengan balapan Sprint pada sore hari.

Minggu akan dimulai dengan sesi pemanasan selama sepuluh menit di pagi hari, sebelum lomba grand prix berlangsung selama 24 lap pada pukul 15:30.

Published
Categorized as News MotoGP

By VR46 Fans

Pecinta MotoGP yang berharap Valentino Rossi kembali muda dan berharap melihat Rossi kembali meraih juara dunia lagi.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version