Home Otomotif Biaya Servis Rutin Harley-Davidson: Punya Gaji UMR, Mikir 2 Kali!

Biaya Servis Rutin Harley-Davidson: Punya Gaji UMR, Mikir 2 Kali!

by Rohmat Ali
IMG 20230924 073631 jpg

Biaya Servis Motor Harley-Davidson, Perawatan Rutin Antara Rp2-5 Juta

Memiliki motor gede (moge) Harley-Davidson (HD) menjadi impian banyak pecinta otomotif. Namun, tidak semua orang bisa mewujudkannya karena moge asal Milawauke, Amerika Serikat (AS) ini tidak murah.

Selain mampu membeli, mereka juga harus bisa merawatnya. Banyak yang penasaran kira-kira berapa biaya servis motor Harley-Davidson?

Presiden Motor Besar Club Indonesia (MBCI) Irianto Ibrahim mengatakan sama dengan motor pada umumnya Harley-Davidson perlu mendapat perawatan rutin. Seperti ganti oli dan membersihkan kerak pada karburator atau injeksi.

“Kalau biaya perawatan rutin enggak mahal, antara Rp2-5 juta. Tapi kalau custom, itu bisa ratusan sampai miliaran rupiah, dan mungkin melebihi harga motor. Kalau HD atau mogenya masih baru nggak terlalu mahal perawatannya,” kata pria yang akrab disapa Om Rian itu.

Sekadar informasi, motor Harley-Davidson memiliki bodi besar dengan kapasitas oli yang sama seperti mobil MPV, yakni 3,5 sampai 4 liter. Untuk yang bergaji UMR sepertinya harus berpikir dua kali memiliki motor ini.

“Untuk lebih nyaman seperti yang saya lakukan atau teman-teman pemakai HD dan moge lainnya setiap touring 1.000-2.000 km pasti kami langsung service, termasuk ganti oli, agar motor nyaman terus,” ujarnya.

Motor Harley-Davidson memang terkenal memiliki harga yang mahal, namun perawatannya tidak semahal harga motor itu sendiri. Biaya perawatan rutin seperti ganti oli dan membersihkan karburator atau injeksi dapat dilakukan dengan kisaran biaya antara Rp2-5 juta. Namun, untuk perawatan custom seperti memodifikasi motor bisa mencapai ratusan sampai miliaran rupiah.

Bodi besar dan kapasitas oli yang mencapai 3,5 sampai 4 liter membuat motor Harley-Davidson menjadi motor yang lebih boros dalam hal konsumsi bahan bakar. Oleh karena itu, para pengguna motor ini disarankan untuk melakukan servis rutin setiap melakukan touring dalam jarak 1.000-2.000 km. Hal ini termasuk ganti oli agar motor tetap nyaman digunakan.

Meski biaya perawatan rutin Harley-Davidson tidak sebanding dengan harga motor, tetapi bagi yang memiliki gaji UMR atau upah minimum regional, memiliki motor ini menjadi hal yang harus dipertimbangkan secara matang. Hal ini karena biaya perawatan dan juga konsumsi bahan bakar yang cukup tinggi.

Namun, meski memiliki biaya perawatan yang relatif mahal, motor Harley-Davidson tetap menjadi impian banyak orang. Keindahan dan kualitas motor ini membuat banyak pecinta otomotif tertarik untuk memilikinya. Sehingga, meski harus berpikir dua kali dalam hal keuangan, banyak yang masih tergoda untuk memiliki motor ini.

Related Articles

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.