Home News MotoGP Hasil Latihan (1) MotoGP Jepang 2023: Jorge Martin Tercepat Meski Terjatuh

Hasil Latihan (1) MotoGP Jepang 2023: Jorge Martin Tercepat Meski Terjatuh

by VR46 Fans
3465224.0008

“Jorge Martin menjadi yang tercepat dalam sesi latihan pertama MotoGP Jepang 2023 di Motegi.”

2023 Japanese MotoGP, Motegi – Hasil Latihan (1)
Jorge Martin dari tim Pramac Ducati (GP23) tampil sebagai yang tercepat dalam sesi latihan pertama MotoGP Jepang 2023 di Sirkuit Motegi. Dalam sesi ini, Martin mencatatkan waktu terbaik 1’45.192s. Pembalap rookie Augusto Fernandez dari tim Tech3 GASGAS (RC16) berhasil meraih posisi kedua dengan selisih waktu +0.138s dari Jorge Martin. Marco Bezzecchi dari tim Mooney VR46 Ducati (GP22) berhasil mencapai posisi ketiga dengan selisih waktu +0.318s dari pemimpin klasemen Jorge Martin. Sedangkan juara bertahan dan pemimpin klasemen saat ini, Francesco Bagnaia dari tim Ducati Lenovo (GP23), harus puas berada di posisi keempat dengan selisih waktu +0.439s dari Jorge Martin. Joan Mir dari tim Repsol Honda (RC213V) juga tampil impresif dengan menempati posisi kelima.
Pada sesi latihan pertama ini, banyak pembalap yang menggunakan ban medium. Namun, pembalap rookie Augusto Fernandez mencoba ban soft dan berhasil meraih posisi kedua. Pembalap pemenang balapan sebelumnya di Sirkuit Buddh, Marco Bezzecchi, tampil impresif dengan meraih posisi ketiga. Sementara itu, Joan Mir mencoba motor prototipe Honda 2024 dan berhasil tampil bagus dengan meraih posisi kelima. Brad Binder dari tim Red Bull KTM (RC16) dan Maverick Vinales dari tim Aprilia Racing (RS-GP23) juga tampil solid dengan meraih posisi keenam dan ketujuh.
Dalam sesi latihan pertama ini, terdapat beberapa pembalap yang mengalami kecelakaan. Salah satunya adalah Jorge Martin yang terjatuh di tikungan 3 setelah berhasil mencatatkan waktu tercepat. Namun, hal tersebut tidak menghalangi posisinya sebagai yang tercepat dalam sesi tersebut. Selain itu, ada juga pembalap seperti Alex Rins yang tampil untuk pertama kalinya setelah mengalami patah tulang pada kaki kanannya di Mugello pada bulan Mei lalu.
Pada hari Jumat, akan dilaksanakan sesi latihan kedua yang berlangsung selama satu jam. Hasil dari sesi latihan kedua ini akan menentukan sepuluh pembalap tercepat yang langsung memiliki akses ke sesi kualifikasi 2. Cuaca diprediksi akan turun hujan pada hari Sabtu.
Dalam klasemen sementara MotoGP, Francesco Bagnaia masih memimpin dengan selisih 13 poin dari Jorge Martin, yang menjadi pesaing utamanya. Namun, kecelakaan yang dialami Bagnaia di Grand Prix India akhir pekan lalu membuatnya harus berjuang lebih keras untuk mempertahankan posisi tersebut. Gelaran di Buddh juga mengakibatkan beberapa pembalap mengalami cedera, seperti Alex Marquez dan Luca Marini yang mengalami patah tulang. Keduanya akan absen di balapan Motegi akhir pekan ini.
Selain itu, ada kabar baik bahwa pembalap Yamaha, Cal Crutchlow, akan turun sebagai wildcard dalam balapan ini. Ini menjadi penampilan wildcard resmi pertamanya sejak ia pensiun pada akhir 2020. Crutchlow sebelumnya pernah menjadi pembalap pengganti untuk Yamaha pada tahun 2021 dan 2022, dengan hasil terbaik finis ke-12 di Sepang tahun lalu.
Selain itu, beberapa pembalap juga akan menggunakan motor dan komponen baru. Joan Mir akan menggunakan prototipe Honda 2024 yang pertama kali diperkenalkan dalam sesi uji coba di Misano. Sementara itu, Brad Binder dan Jack Miller akan menggunakan rangka serat karbon baru dari KTM, yang sudah dikendarai oleh Dani Pedrosa dan berhasil meraih posisi keempat di Grand Prix San Marino.
Tetapi, perlu diingat bahwa cuaca diprediksi akan turun hujan pada hari Sabtu. Hal ini tentu akan menjadi tantangan bagi para pembalap dalam melanjutkan persiapan mereka. Kita tunggu saja bagaimana penampilan mereka dalam sesi latihan kedua dan kualifikasi nanti.

Related Articles

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.