Home Otomotif Mengatasi Kunci Motor yang Tidak Bisa Diputar

Mengatasi Kunci Motor yang Tidak Bisa Diputar

by Rohmat Ali
kunci motor jpg

Cara Mengatasi Kunci Motor Tidak Bisa Diputar

Cara Mengatasi Kunci Motor Tidak Bisa Diputar

Mengalami masalah kunci motor yang tidak bisa diputar dapat menjadi hal yang sangat menjengkelkan dan membuat panik. Berbagai hal dapat menjadi penyebabnya, seperti motor belum menggunakan teknologi keyless, jarang melakukan servis berkala, dan adanya kotoran dalam silinder kontak motor. Jika kunci dipaksakan diputar, ini justru akan menimbulkan masalah lainnya seperti kunci motor yang patah. Untungnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini.

Langkah pertama yang perlu diperhatikan adalah memastikan posisi kunci motor yang benar. Jangan tergesa-gesa saat memasukkan kunci ke dalam lubang kontak motor. Beberapa jenis silinder kunci mungkin memiliki posisi yang terkunci, sehingga peluru tak mampu mendorong kembali untuk melepaskan selongsong dari kuncian. Oleh karena itu, pastikan kunci motor dimasukkan dengan hati-hati dan tidak terburu-buru.

Selanjutnya, periksa kondisi kunci atau kontak motor sebelum memasukkannya ke dalam lubang kontak. Jika kunci atau kontak motor bengkok, ini bisa menjadi salah satu penyebab mengapa kunci motor tidak bisa diputar. Jika memang kunci atau kontak motor bengkok, segera lakukan penggantian kunci motor agar masalah ini bisa teratasi.

Jika langkah-langkah di atas belum berhasil, maka bisa mencoba cara lain yaitu dengan menekan kunci motor dan melakukan sedikit putaran setir ke kiri atau ke kanan. Hal ini dilakukan untuk mencari ruang yang bebas agar kunci dapat berputar dengan lancar. Namun, perlu diingat bahwa tindakan ini harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak kunci motor.

Jika kunci motor masih sulit diputar setelah mencoba langkah-langkah di atas, mungkin bisa mencoba melumasi kunci motor dengan pelumas besi. Pertama-tama, bersihkan dan lumasi silinder kunci dengan hati-hati. Setelah itu, semprotkan silinder kunci dengan cairan pembersih kontak elektrik untuk membersihkan dan mengatasi rotasi kunci yang macet. Pastikan untuk menggunakan pelumas besi yang berkualitas agar hasilnya maksimal.

Semua cara di atas dapat membantu mengatasi masalah kunci motor yang tidak bisa diputar. Namun, jika masalah masih belum teratasi, sebaiknya hubungi mekanik terpercaya untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat. Memastikan kunci motor berfungsi dengan baik sangat penting untuk menjaga keamanan dan kenyamanan saat berkendara.

Related Articles

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.