Home Otomotif Mudahnya Ganti Oli Motor Sendiri di Rumah

Mudahnya Ganti Oli Motor Sendiri di Rumah

by Rohmat Ali
oli motor bocor suzuki jpg

Cara Mudah Mengganti Oli Motor Sendiri di Rumah.

Cara Mudah Mengganti Oli Motor Sendiri di Rumah

Sudahkah mengetahui cara mudah mengganti oli motor sendiri di rumah? Jika belum, tidak ada salahnya untuk menyimak ulasan berikut ini. Ganti oli merupakan salah satu hal yang tak boleh dilewatkan setiap pengguna kendaraan beroda dua. Hal itu dilakukan agar komponen pada mesin dapat bekerja secara optimal.

Setiap kendaraan roda dua dianjurkan untuk mengganti oli secara berkala, yakni setelah digunakan pada jarak 4.000 KM. Jika oli tidak diganti secara rutin, maka akan membuat mesin cepat rusak dan butuh perawatan lebih.

Sebelum melakukan penggantian oli motor sendiri di rumah, persiapkan peralatan terlebih dahulu, seperti kunci pas atau kunci ring wadah penampung oli bekas, corong oli, dan tentunya oli baru yang akan digunakan.

Selain mengganti di bengkel, pengguna juga dapat mengganti oli motor sendiri di rumah. Dikutip berbagai sumber, Selasa (24/10/2023), berikut ini ulasannya.

1. Angkat Motor dan Buka Tutup Oli Mesin
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengangkat motor agar mendapatkan posisi yang tepat untuk mengakses bagian mesin bawah. Lalu, cari dan temukan tutup atau baut oli pada mesin motor. Baut oli motor biasanya terletak di bagian atas mesin. Namun, posisi tersebut tidak sepenuhnya sama dan tergantung dengan jenis motornya.

2. Ganti Oli saat Suhu Mesin Motor Hangat
Hal yang perlu diperhatikan adalah mengganti oli saat suhu mesin motor hangat. Sebelum mengganti oli alangkah lebih baiknya menghidupkan motor sekitar 1-3 menit dan matikan. Berbagai hal menjadi sebab mengapa ganti oli harus dilakukan saat mesin motor hangat. Ini dilakukan agar pengendara tidak kesulitan membuka baut oli.

3. Kuras Oli Mesin
Langkah selanjutnya untuk mengganti oli, yakni menguras oli sisa pada mesin. Sebelum membuka baut penutup pada lubang pembuangan oli, letakkan wadah terlebih dahulu di bawah keluarnya oli. Gunakanlah kunci pas atau kunci ring untuk membuka lubang pembuangan oli. Biarkan olinya mengalir. Pastikan oli telah benar-benar terkuras dan jangan menyemprotkan tekanan angin kompresor yang dapat membuat mesin menjadi kotor. Lalu, pasang baut penutup. Sebelum itu, pastikan baut penutup bebas dari kotoran. Putar baut menggunakan tangan dan gunakan kunci dan putar agar benar-benar kencang.

4. Tuang Oli Baru
Langkah terakhir yang harus dilakukan adalah menuangkan oli baru ke dalam lubang pengisian oli. Gunakanlah corong saat memasukkan olinya agar tidak mudah tumpah dan terbuang percuma. Jika oli telah masuk seluruhnya, tutup kembali baut pengisian oli. Agar oli mesin dapat bersikulas mesin secara maksimal, panaskan motor sekitar 1-4 menit.

Nah, itulah cara mudah mengganti oli motor sendiri di rumah. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat untuk kamu ya!

Related Articles

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.