Home News MotoGP Pembalap Leopard Racing Juara di Sirkuit Losail

Pembalap Leopard Racing Juara di Sirkuit Losail

by Dita
jaume masia leopard racing

Jaume Masia Menang di Sirkuit Losail

Pembalap Leopard Racing menampilkan daya juang luar biasa di Sirkuit Losail. Targetnya menuju Valencia sebagai kampiun pun tercapai. Ia memenangi balapan setelah beberapa kali bersenggolan dengan Sasaki, termasuk double block dan pass yang membuatnya mendapat peringatan dari Steward. Di akhir balapan, Masià berhasil meloloskan diri sementara pembalap Jepang tersebut finis di urutan keenam.

Kondisi balapan sangat kondusif setelah lewat senja. Tentu saja, suhu, sebagai konsekuensinya, mengalami penurunan progresif yang harus diperhitungkan oleh para pembalap. Pada awalnya, hal pertama yang terlihat adalah Deniz Oncu dikenai sanksi Doube Long Lap Penalty. Pembalap asal Turki itu menempati posisi pertama setelah terkena penalti, di depan Daniel Holgado, Diogo Moreira, dan Ayumu Sasaki. Masia merebut posisi dari Collin Veijer dan berada di urutan kesembilan, di belakang David Alonso.

Holgado berusaha memimpin, berbagi dengan Oncu hingga menyelesaikan LLP pertamanya di lap kedua. Setelah itu, Sasaki yang mewarisi posisi pertama di depan Moreira dan pembalap Spanyol itu. Masia terus memperbaiki posisi saat melewati tikungan dan segera menempati peringkat keempat, setelah trio terdepan.

Semua anggota mulai memainkan permainan slipstream yang khas di Losail. Masia menjadi yang tercepat di lap kedua dan menempati posisi kedua setelah Moreira. Pembalap Valencia dan Sasaki menyerang rider Brasil itu dan mengambil alih posisi terdepan, bersama sang pemimpin klasemen.

Masia menyerangnya dan, dengan sedikit memaksa, memperpanjang lintasannya dan hampir bertabrakan dengan rivalnya dalam perebutan gelar juara. Ia terdegradasi ke posisi keempat, sementara Sasaki turun ke urutan kedelapan.

Yang jelas, tidak ada yang mampu meninggalkan peloton. Holgado memanfaatkan kekacauan tersebut untuk mendahului Ivan Ortola dan Masia di awal lap kelima, dengan Sasaki yang sudah berada di posisi keempat. Di belakang, tidak banyak crash yang harus disesali, paling menonjol adalah yang dilakukan oleh Filippo Farioli, sebuah insiden yang membuat Jose Antonio Rueda dijatuhi sanksi Double Long Lap Penalty.

Situasi yang menegangkan terus berlanjut. Memasuki lap ketujuh, Sasaki mengambil keuntungan dari slipstream di garis finish untuk memimpin atas Jaume Masia. Pria asal Algemesi ini menemukan dirinya berada di urutan kedua. Pada Tikungan 6, di tempat yang sama seperti sebelumnya, dia mengulangi manuver sebelumnya pada rider #71: sebuah block dan pass yang membuatnya kehilangan posisi, sementara Masia tetap di depan. Namun, Sasaki tidak mengalami kesulitan untuk memulihkan posisi untuk kembali ke belakang #5. Sementara itu, terjadi insiden jatuhnya Diogo Moreira di depan, akibat sentuhan dari Ortola.

Para Steward menyelidiki tindakan ini, yang membuat #48 mendapat LLP ganda, dan juga memutuskan untuk memberikan ‘peringatan’, sebuah pemberitahuan, kepada Masia karena mengendarai mobil di lintasan, dengan pemahaman bahwa dua blok dan lintasan adalah strategi pembalap Valencia itu.

Setelah itu, lap demi lap berlalu dengan ketegangan yang lebih tinggi di puncak balapan. Ingin mempercepat peluangnya untuk meraih gelar, Holgado mulai memimpin atas Sasaki dan Masia, yang terus bertarung dan saling mendahului dari belakang. Bahkan, dengan 6 lap tersisa, pilot asal Valencia ini sempat mengeluhkan aksi salip dari rivalnya untuk merebut gelar juara, yang melewatinya dari sisi dalam.

Holgado memulai lap 13 sebagai pemimpin, meskipun Masià menyalipnya dengan slipstream, membuat Sasaki berada di urutan ketiga di belakang Ricardo Rossi, David Alonso, Adrian Fernandez, dan Deniz Oncu, yang telah mengatasi penalti ganda sebelumnya. Di lap ini, Sasaki menempati posisi kedua, melewati Masia, tetapi Jaume merespons dan menempati posisi pertama untuk memulai lap kedua dari belakang.

Pada gilirannya, Masia mempertahankan posisi pertama. Tapi yang mendapat masalah adalah Ayumu Sasaki. Pembalap Jepang ini kehilangan beberapa posisi, dan turun lagi ketika Fernandez menyalipnya. Kekacauan tersebut membuat Masia, Holgado, Rossi, Alonso dan Oncu membuka ruang di peleton kedua, di mana Sasaki berada.

Pada dua lap dari belakang, Masia mempertahankan posisi pertama meski sempat tergelincir, sementara Sasaki juga harus merelakan beberapa posisi dan turun ke posisi kesepuluh. Di tikungan pertama, pembalap Jepang itu sedikit mengubah posisinya, namun hal itu membuatnya berada di P7, di belakang Vicente Perez dan masih harus menutup celah di depannya.

Putaran terakhir pun dimulai. Masia sekali lagi mempertahankan keunggulannya meski sempat tergelincir, melewati Oncu, Rossi, Alonso dan Holgado. Sasaki mendahului Perez dan menempati posisi keenam, namun tertinggal setengah detik.

Di depan, Masia mengendalikan keunggulan atas David Alonso, yang naik ke urutan kedua. Pembalap berdarah Spanyol-Kolombia ini mencoba untuk menang, namun Jaume mampu bertahan. Di belakang, Ayumu Sasaki berhasil menjangkau posisi kelima. Tapi, ia berusaha sangat keras, sampai-sampai ia mengalami kecelakaan hebat yang hampir membuatnya keluar dari balapan.

Masia menang atas Alonso, Oncu, Rossi dan Perez. Sasaki melintasi garis finis di urutan keenam, yang secara otomatis memberikan gelar juara dunia kepada Masia sebelum balapan terakhir di Valencia.

Hasil Race Moto3 Qatar

Dengan demikian, Jaume Masia berhasil menunjukkan performa yang luar biasa dalam balapan di Sirkuit Losail. Kemenangan ini pun membawa Masia menuju gelar juara dunia sebelum balapan terakhir di Valencia. Semoga performa apik dari Masia dapat terus berlanjut di balapan balapan berikutnya.

Related Articles

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.