Home Otomotif Manfaat Rutin Ganti Oli Mesin Untuk Motor

Manfaat Rutin Ganti Oli Mesin Untuk Motor

by Rohmat Ali
Ganti Oli Motor

Manfaat Rutin Mengganti Oli Mesin Untuk Motor Anda.

Pentingnya Rutin Ganti Oli Motor Menurut PT Yamaha Indonesia Motor Mfg

Rutin melakukan perawatan sepeda motor sesuai buku petunjuk manual servis dinilai penting bagi pemilik kendaraan. Salah satu bentuk perawatan rutin yang dianjurkan tersebut, adalah penggantian oli mesin secara rutin. Agung Budi Raharja, general manager Part Operation Division, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg (YIMM) mengatakan, masih dijumpai pemilik sepeda motor yang abai dalam melakukan penggantian oli secara rutin sesuai buku petunjuk manual servis yang dikeluarkan oleh pabrikan. Hal ini kemudian berimbas pada performa motor yang menjadi tidak optimal sehingga menggangu kenyamanan mereka pada saat berkendara. Berkaca dari kondisi tersebut, maka Yamaha merasa perlu membagikan informasi perihal manfaat dari penggantian oli secara rutin, agar pengguna sepeda motor dapat lebih teredukasi dan bijak dalam merawat kendaraannya.

Manfaat Rutin Ganti Oli Motor

Pengguna sepeda motor akan mendapatkan beberapa manfaat ketika rutin melakukan penggantian oli mesin. Manfaat-manfaat tersebut penting untuk dipahami agar pemilik sepeda motor semakin teredukasi dan bijak dalam merawat kendaraannya.

Suhu Mesin Terjaga dan Performa Motor Menjadi Optimal

Salah satu manfaat rutin mengganti oli adalah suhu mesin yang terus terjaga. Oli memiliki fungsi untuk melumasi berbagai komponen di dalam mesin guna meminimalisir suhu panas berlebih akibat gaya gesek saat mesin sedang bekerja. Jarang mengganti oli berisiko membuat volume oli didalam mesin berkurang, tekstur menjadi encer, dan juga oli lama menjadi kotor pekat. Jika terus dibiarkan, kondisi ini justru membuat kinerja mesin terganggu seperti menimbulkan suara kasar dan masalah overheat (terlalu panas), yang menyebabkan tarikan motor menjadi tidak bertenaga.

Oleh karena itu, penting bagi pemilik sepeda motor untuk memperhatikan waktu penggantian oli sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh pabrikan. Dengan memperhatikan hal ini, maka suhu mesin akan terus terjaga dan performa motor pun akan tetap optimal. Hal ini tentu akan memberikan kenyamanan dan keamanan ekstra saat berkendara.

Oli Baru Menjaga Mesin Tetap Bersih dan Tahan Lama

Selain menjaga suhu mesin, penggantian oli secara rutin juga akan membantu menjaga mesin tetap bersih dan tahan lama. Oli yang sudah digunakan dalam waktu yang lama akan mengalami pengentalan dan kotoran yang menumpuk. Hal ini tentu akan berdampak pada kinerja mesin yang menjadi tidak optimal.

Dengan rutin mengganti oli, maka mesin akan tetap terjaga kebersihannya. Oli yang baru akan membantu melumasi setiap komponen mesin dengan baik, sehingga kotoran dan residu yang menumpuk dapat terbuang dan tidak mengganggu kinerja mesin. Dengan demikian, mesin akan tetap terjaga keawetannya dan penggunaan sepeda motor pun akan lebih nyaman tanpa adanya gangguan kinerja mesin.

Meningkatkan Umur Pakai Mesin

Pemilik sepeda motor tentu menginginkan mesin kendaraannya memiliki umur pakai yang panjang. Penggantian oli secara rutin dapat membantu meningkatkan umur pakai mesin. Dengan oli yang selalu bersih dan berkualitas, gesekan antar komponen mesin dapat diminimalisir. Hal ini tentu akan mengurangi risiko kerusakan pada mesin jangka panjang.

Selain itu, oli yang berkualitas juga dapat membantu mengurangi keausan pada komponen mesin. Dengan demikian, pemilik sepeda motor tidak perlu mengganti komponen mesin terlalu sering yang tentu akan menghemat biaya perawatan dalam jangka panjang.

Dengan memperhatikan manfaat-manfaat di atas, pemilik sepeda motor diharapkan dapat lebih teredukasi dan bijak dalam merawat kendaraannya. Penggantian oli secara rutin menjadi salah satu langkah perawatan yang sederhana namun memiliki dampak yang besar pada kinerja dan umur pakai mesin. Hal ini tentu akan memberikan keamanan dan kenyamanan ekstra saat berkendara.

Related Articles

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.