Home News MotoGP Strategi Kontrak Marquez dengan Tim Satelit Ducati

Strategi Kontrak Marquez dengan Tim Satelit Ducati

by Dita
1702122418 marc marquez gresini racing

Marc Marquez Pindah ke Tim Gresini: Strategi Jangka Panjang dan Dampaknya bagi MotoGP

Setelah 11 musim di tim resmi Honda, Marc Marquez baru-baru ini menandatangani kontrak satu musim dengan Gresini, salah satu tim satelit Ducati. Kesepakatan singkat tersebut merupakan strategi pembalap Spanyol itu untuk menjangkau bursa transfer pada 2025, dengan bebas. Ada banyak spekulasi tentang kemungkinan lompatan dari Marc ke KTM pada 2025 sebagai pembalap pabrikan. Bahkan, tidak sedikit orang yang bernostalgia memikirkan kemungkinan kembali ke Honda jika merek Jepang mampu membuat motor kompetitif kembali. Tapi, puncak MotoGP sekarang adalah tim resmi Ducati.

Pabrikan Borgo Panigale melihat juara dunia MotoGP enam kali bisa dipertimbangkan. Pasar yang akan mulai bergerak pada bulan-bulan pertama 2024 dan di mana, secara logis, salah satu yang pertama kali cocok adalah pembaruan Francesco Bagnaia dengan Ducati. “Sekarang, kami sedang menikmati pesta perayaan gelar di Bologna, setelah liburan dan pada awal tahun, kami akan membicarakan kontrak. Yang bisa saya katakan adalah bahwa Bagnaia dan Ducati ingin melanjutkan perjalanan ini bersama-sama,” Ciabatti menjelaskan kepada GPOne.

Setelah pandemi, Ducati membuat catatan bersih dengan pembalap dan kontrak, menetapkan skala gaji yang tidak teratur karena kinerja yang sangat baik dari para pembalapnya, dengan Pecco sebagai pemimpin, tetapi juga karena hasil yang baik dari Jorge Martin atau Enea Bastianini. Keseimbangan bisa menjadi rapuh dengan datangnya badai olahraga seperti Marquez. “Jelas bahwa Marc adalah seorang pemenang dan gelar juara dunianya membuktikannya, jadi jika dia memilih Ducati, itu karena dia ingin menang lagi. Bagi kami semua, ini akan menjadi sesuatu yang baru dan pada saat yang sama merupakan situasi yang harus kami kelola,” ujar Ciabatti.

Empat pembalap, dua dari tim pabrikan dan dua dari Pramac, yang memiliki kontrak langsung dengan Ducati akan berakhir pada akhir 2024. Dengan mempertimbangkan bahwa pembaruan kontrak Bagnaia dapat dianggap selesai, kursi di sebelahnya akan diperebutkan tujuh rider. Bahkan dengan kedatangan Marquez, jika pembalap Catalan itu meraih hasil sempurna di bagian pertama kompetisi, dia akan mengikuti persaingan itu. “Karena kami belum menentukan pembalap untuk 2025, saya akan mengatakan tanpa masalah bahwa Marc akan menjadi salah satu kandidat untuk tim resmi,” kata eksekutif tersebut, tetapi tidak sebelum memperingatkan bahwa mereka tidak akan menjadi gila untuk mendapatkannya.

“Ternyata ada aspek penting yang perlu digarisbawahi, yaitu dari sudut pandang ekonomi. Kita tidak lagi berada dalam periode pra-Covid, di mana seorang pilot seperti dia bisa mendapatkan gaji yang fantastis.” Pilihan hipotetis untuk Marquez, bahkan hanya dengan meletakkannya di atas meja, dapat menimbulkan risiko kehilangan pembalap muda yang berada di bawah kontrak atau di bawah pengawasan tim Italia tersebut. “Tentu saja! Risiko ini ada dan kami sangat menyadarinya. Saya berpikir, misalnya, tentang Martin. Bakat seperti dia, jika dia tidak pergi ke tim resmi, bisa membangkitkan minat pabrikan lain. Tapi, dia bukan satu-satunya,” katanya mengacu pada Bastianini atau Marco Bezzecchi, permata VR46 yang bercita-cita untuk mendapatkan kursi resmi pada 2025.

Baru-baru ini, Lin Jarvis, managing director Yamaha, menjelaskan bahwa mereka sedang bernegosiasi dengan VR46 agar pada 2025 menjadi tim satelit mereka, dengan Inggris menganjurkan untuk membatasi jumlah motor di grid untuk menghindari ‘Piala Ducati. Dalam hal ini, Ciabatti menyadari ketertarikan Yamaha tanpa menilai berapa banyak motor yang akan dimiliki pabrikan Italia tersebut di grid 2025. “Sejujurnya, saya tidak tahu. Dengan Gresini kami juga memiliki kesepakatan untuk 2025, sementara dengan VR46 kontraknya akan berakhir tahun depan. Kami harus melihat dan mengevaluasi situasinya dengan hati-hati, dengan mempertimbangkan bahwa kompetisi akan mencoba memainkan permainan mereka,” ia mengungkapkan.

Dengan begitu, kepindahan Marc Marquez ke tim Gresini tidak hanya menandai perubahan strategi pembalap Spanyol itu untuk menjangkau bursa transfer pada 2025, tetapi juga membawa dampak besar bagi persaingan MotoGP. Dengan kontrak-kontrak yang akan berakhir pada akhir 2024, persaingan untuk kursi di tim-tim pabrikan dan satelit akan semakin sengit. Hal ini juga menciptakan tekanan bagi pembalap-pembalap muda yang berada di bawah kontrak atau di bawah pengawasan tim-tim pabrikan, dengan risiko kehilangan kesempatan untuk mendapatkan kursi resmi di MotoGP. Selain itu, kepindahan Marquez juga mempengaruhi strategi dan perencanaan tim-tim pabrikan lain, seperti Yamaha, yang sedang bernegosiasi dengan VR46 untuk menjadi tim satelit mereka pada 2025. Dengan demikian, kepindahan Marquez ke tim Gresini tidak hanya menjadi perbincangan hangat di dunia MotoGP, tetapi juga menciptakan dinamika baru dalam persaingan dan strategi tim-tim pabrikan dan satelit.

Related Articles

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.