BMW Pertahankan Proyek WSBK Meski Tertarik Masuk MotoGP

toprak razgatlioglu bmw motorr

Kejuaraan Dunia MotoGP telah mengumumkan peraturan baru untuk musim 2027, dengan kelas utama beralih ke mesin 850 cc, larangan penggunaan ride height device, dan pengurangan aerodinamika. Perubahan ini memberikan kesempatan bagi pabrikan baru untuk memasuki kejuaraan, termasuk BMW yang telah menunjukkan minatnya dalam kelas utama. CEO divisi motor BMW, Markus Flasch, telah mengkonfirmasi ketertarikan perusahaan tersebut untuk berkompetisi di MotoGP, namun masih belum jelas bagaimana hal ini akan mempengaruhi proyek WSBK mereka.

Pada kunjungan ke putaran World Superbike di Barcelona, Markus Flasch tidak memberikan jawaban konkret terkait rencana BMW jika mereka masuk ke MotoGP. Direktur BMW Motorsport, Marc Bongers, juga mengungkapkan bahwa belum ada rencana konkret terkait dampak peluncuran proyek MotoGP terhadap WSBK. BMW memiliki dua pilihan, yaitu menciptakan sinergi antara kedua kejuaraan seperti Ducati atau fokus hanya pada MotoGP seperti yang dilakukan Aprilia.

Menurut Marc Bongers, BMW tidak memiliki rencana untuk meninggalkan World Superbike demi kelas motor berat. Ia menekankan bahwa kedua kejuaraan tersebut menjangkau kelompok target yang berbeda, dengan fokus pada produk di Superbike dan merek serta pemasaran di MotoGP. Meskipun MotoGP menawarkan panggung yang lebih luas, WSBK tetap penting bagi BMW untuk mencapai konsumen yang memilih untuk membeli M1000RR.

BMW telah mengumumkan peningkatan struktur departemen balap motor, dengan Sven Blusch mengambil alih posisi Kepala Kompetisi untuk divisi roda dua. Hal ini menunjukkan komitmen BMW untuk mempertahankan proyek WSBK, terlepas dari keputusan masuk ke MotoGP. Dengan demikian, peran baru Marc Bongers sebagai fokus utama pada balap World Superbike dan Endurance menegaskan keseriusan BMW dalam menjaga kehadiran mereka di kejuaraan tersebut.

Dengan perkembangan ini, BMW tetap mempertahankan keterlibatan mereka di World Superbike dan menunjukkan bahwa kehadiran mereka di kejuaraan tersebut tetap menjadi prioritas utama. Meskipun minat terhadap MotoGP terus ada, BMW tetap fokus pada membangun hubungan dengan konsumen melalui kejuaraan Superbike dan memperkuat posisi mereka di pasar balap motor internasional.

By Dita

Pecinta MotoGP yang berharap Valentino Rossi kembali muda dan berharap melihat Rossi kembali meraih juara dunia lagi.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version