Home News MotoGP Pabrikan Jepang Kesulitan Manfaatkan Sistem Konsesi MotoGP

Pabrikan Jepang Kesulitan Manfaatkan Sistem Konsesi MotoGP

by Dita
alex rins yamaha factory racin

Pabrikan Jepang tidak terlalu beruntung dalam memanfaatkan sistem konsesi MotoGP yang baru. Pada musim 2024, baik perusahaan yang berbasis di Iwata, Jepang, maupun Honda, mendapatkan keuntungan paling besar dalam upaya mereka keluar dari krisis. Hal ini memungkinkan mereka untuk melakukan beberapa tes privat selama musim ini, di mana mereka bebas melakukan uji coba aerodinamika dan peningkatan mesin, tidak seperti pabrik lain yang lebih dibatasi.

Namun, baik Fabio Quartararo maupun Alex Rins tidak menemukan kondisi terbaik untuk menjalankan program pengujian mereka. Yamaha telah merencanakan tes privat di Portimao setelah Grand Prix Portugal, namun cuaca buruk mengacaukannya. Hal yang sama terjadi pada hari tes lain yang disediakan untuk mereka di Circuit de Barcelona-Catalunya, dan juga baru-baru ini di Mugello, meskipun dalam hal ini adalah tes kolektif setelah GP Italia, di mana semua merek dapat berpartisipasi.

Dengan demikian, Yamaha hanya dapat mengikuti tes resmi di Jerez, di mana mereka menguji M1 dengan beberapa perbaikan, dan di Mugello, tetapi dalam tes privat sebelum putaran terakhir tahun 2024, di mana mereka mengendarai motor dengan aerodinamika Spanyol, dan mendapatkan keuntungan yang relevan dalam hal waktu putaran. Dengan cara ini, setelah cuaca buruk dalam tes kolektif di Mugello, perusahaan Jepang tersebut mengonfirmasi telah menjadwalkan tes privat lainnya di Sirkuit Ricardo Tormo di Valencia, pada hari Selasa (11/6/2024) dan Rabu.

Namun, setibanya mereka di Spanyol, hujan kembali menyambut mereka. Pada Senin, Rins mengunggah postingan di media sosial yang mengonfirmasi bahwa air turun di lintasan Valencia, dan menyatakan bahwa keberuntungan belum berpihak pada mereka sepanjang tahun ini. “Kami tidak beruntung sama sekali. Kami datang ke Valencia sedikit lebih awal, untuk balapan dari jam 6 hingga 8, tetapi hujan mulai turun, jadi tidak ada apa-apa, kami akan meluncur besok,” kata pembalap Spanyol itu.

Quartararo juga mengunggah beberapa video di media sosialnya, di mana dia terlihat mengendarai Yamaha dan melewati lintasan lurus. Tapi diasumsikan berdasarkan perkataan rekan satu timnya, petualangan itu hanya berlangsung singkat. Pabrik Jepang memiliki jadwal yang padat pada tes Mugello terakhir, termasuk mesin baru, dan bukan hanya manajemen elektronik yang berbeda, seperti yang telah diuji sebelumnya.

Diharapkan semua tes ini dapat dilakukan hari ini, jika cuaca memungkinkan. Yang tidak hadir dalam tes privat ini adalah Honda, karena dalam hal ini mereka tidak memiliki banyak hal baru untuk diuji.

Related Articles

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.