Sirkuit Mandalika Siap Gelar MotoGP dan ARRC 2024, Indonesia Siap Bersaing!

konferensi pers thriling manda jpg

Sirkuit Mandalika: Destinasi Balap Dunia yang Menarik

Sirkuit Mandalika semakin mendapat kepercayaan tinggi dari dunia balap. Tahun ini, lintasan yang terletak di Kabupaten Lombok Tengah akan kembali menjadi tuan rumah MotoGP Indonesia ketiga, pada tanggal 27-29 September, dan Asia Road Racing Championship (ARRC), pada tanggal 26-28 Juli. Imbas yang langsung terasa dari balapan kelas dunia adalah Indonesia dan pariwisatanya makin dikenal luas. Perlahan tapi pasti devisa pun masuk ke dalam negeri. Untuk itu, perlu sinergi berbagai pihak agar acara tersebut lancar dan memberi sensasi berbeda bagi pengunjung dan pembalap.

Menteri BUMN, Erick Thohir, mengungkapkan, “Kita memiliki kesempatan untuk menarik perhatian dunia sekaligus memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat dan perekonomian lokal, serta mengukuhkan posisi The Mandalika sebagai ‘The Ultimate Lifestyle Sportstainment Destination.’ “Saya optimistis ARRC dan Pertamina Grand Prix of Indonesian-MotoGP, tak hanya balapan motor, tetapi juga kesempatan emas untuk mempromosikan Indonesia, khususnya The Mandalika, sebagai destinasi sportainment berkelas dunia.”

Direktur Utama InJourney, Dony Oskaria, menyebutkan bahwa pada tahun ini, InJourney bersama stakeholder terkait berkomitmen untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan. “Penyelenggaraan ARRC dan Pertamina Grand Prix of Indonesian-MotoGP 2024 sangatlah penting guna menunjukkan komitmen Indonesia dalam menciptakan pariwisata yang berkelanjutan. Kepercayaan dari internasional dan pemerintah harus dijaga sebagai bukti kontribusi BUMN kepada bangsa dan negara, untuk itu sukses acara menjadi prioritas utama kami,” terang Dony.

Direktur Utama ITDC Ari Respati menambahkan, panggung balapan level dunia itu juga akan dimeriahkan konser musik dan pameran UMKM. “Kami berharap, Pertamina Grand Prix of Indonesian-MotoGP tahun ini, jumlah penonton melebihi dari tahun lalu dan side event yang akan diawali dengan kegiatan penanaman pohon, yang dilakukan bersama para pembalap untuk green tourism sustainability,” ucapnya. “Kami berterima kasih kepada Pemerintah Pusat, Pemerintah NTB, seluruh sponsor dan para pemangku kepentingan lainnya atas kerjasama yang terjalin.”

Pengembangan kawasan The Mandalika dan penyelenggaraan event balap internasional Sirkuit Mandalika, merupakan bagian dari rencana jangka panjang untuk menjadikan Indonesia sebagai destinasi pariwisata dunia. Pada 2023, gelaran MotoGP telah memberikan dampak positif yang besar bagi masyarakat sekitar. Ajang ini meningkatkan Produk Domestik Bruto (PDB) Nasional sebesar Rp3,59-Rp4,3 triliun, dengan perputaran uang Rp914 miliar dan penyerapan tenaga kerja 2.136 orang. “Gelaran event ARRC dan Pertamina Grand Prix of Indonesian-MotoGP 2024, menjadi momen bersejarah bagi Indonesia, sekaligus mengukuhkan posisi Indonesia khususnya The Mandalika dalam peta balap internasional. Kami berterima kasih atas dukungan semua pihak yang telah berperan dalam mensukseskan gelaran ini, dan kami berkomitmen untuk terus meningkatkan pengalaman para penggemar balap sepeda motor di Indonesia dan seluruh dunia,” imbuh Ari.

Promotor telah membuka penjualan tiket ARRC dan MotoGP 2024 sejak 24 Februari lalu. Penonton bisa mendapatkan Early Bird tiket ARRC pada 18-30 Juni. Untuk Festival- General Admission seharga Rp75.000, Premium Grandstand- Zone A Rp250.000. Presale berlangsung 1-18 Juli 2024, General Sales dimulai dari 19-28 Juli 2024. Sementara untuk tiket MotoGP Presale dibuka 17-30 Juni 2024, dengan harga tiket Festival General Admission (weekend pass) seharga Rp490.000, Regular Grandstand (weekend pass); zona C seharga Rp1.050.000, zona E,F,G masing-masing Rp560.000, dan zona D,H,I masing-masing Rp700.000, Premium Grandstand (weekend pass); Pertamina Grandstand Rp1.750.000, zona B Rp1.610.000, zona J,K masing-masing Rp1.400.000. Selain itu, juga tersedia bundling tiket ARRC untuk promo buy one get one free, dengan penjualan yang hanya tersedia luring di 10 kafe sekitar Lombok.

By Dita

Pecinta MotoGP yang berharap Valentino Rossi kembali muda dan berharap melihat Rossi kembali meraih juara dunia lagi.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version