Home News MotoGP Francesco Bagnaia Ungguli Jorge Martin di Kualifikasi MotoGP Assen

Francesco Bagnaia Ungguli Jorge Martin di Kualifikasi MotoGP Assen

by Dita
1719660000 francesco bagnaia ducati team

Francesco Bagnaia Raih Pole Position di MotoGP Belanda

Juara dunia MotoGP, Francesco Bagnaia, berhasil mengungguli Jorge Martin dalam perebutan posisi terdepan yang ketat di Sirkuit Assen. Kecelakaan yang dialami Marc Marquez membuatnya harus puas berada di posisi ketujuh dalam kualifikasi yang berlangsung sangat sengit.

Bagnaia dan pemimpin klasemen sementara, Jorge Martin, saling bersaing untuk menciptakan rekor lap Assen sepanjang masa di awal sesi kualifikasi Q2. Pembalap Pramac, Bagnaia, akhirnya berhasil memecahkan rekor tersebut dengan mencatatkan waktu 1:30,540 kurang dari enam menit tersisa. Namun, Martin tidak tinggal diam dan mengancam pada putaran terakhir dengan selisih waktu hanya 0,081 detik.

Maverick Vinales dari tim Aprilia berhasil menempati posisi ketiga, terpaut 0,330 detik di belakang Bagnaia. Sementara itu, Alex Marquez berhasil masuk ke baris kedua di baris pertama dengan motor Gresini Ducati, sedangkan Marc Marquez harus puas berada di urutan ketujuh setelah mengalami kecelakaan di akhir sesi.

Bagnaia tampil dominan sejak awal sesi kualifikasi GP Belanda dengan mencatatkan rekor di lap pertama, yakni 1 menit 31,048 detik. Namun, Martin berhasil melampaui catatan waktu tersebut dengan waktu 1:30,877. Meskipun begitu, Martin melakukan kesalahan kecil di tikungan terakhir yang membuat Bagnaia kembali unggul.

Di lap pertama pada putaran kedua, Bagnaia berhasil mencatatkan waktu 1:30,540 detik dan unggul 0,337 detik dari para pembalap lainnya. Dengan adanya persaingan untuk mendapatkan slipstream, catatan waktu andalan Ducati tidak terancam hingga bendera kotak-kotak dikibarkan. Martin sempat mendekati catatan waktu Bagnaia pada lap terakhir, namun ia harus puas dengan posisi kedua setelah mencatatkan waktu 1:30,621.

Alex Marquez menempati posisi keempat di atas Gresini Ducati di depan Aleix Espargaro dari tim Aprilia dan Fabio Di Giannantonio dari tim VR46. Espargaro sendiri terlibat dalam pertengkaran dengan Marc Marquez di akhir-akhir sesi kualifikasi Q2, namun Marquez harus puas berada di posisi ketujuh setelah mengalami kecelakaan.

Brad Binder menjadi pembalap KTM terbaik dengan menempati posisi kesembilan di depan Pedro Acosta yang terjatuh di akhir sesi. Sementara itu, Enea Bastianini dari tim Ducati dan Raul Fernandez dari tim Trackhouse Racing melengkapi posisi 12 besar.

Fabio Quartararo tidak berhasil lolos ke Q2 karena hanya terpaut sedikit dari para pembalap Yamaha yang telah di-upgrade. Ia akan start di urutan ke-13 di depan Jack Miller dari tim KTM dan Marco Bezzecchi dari tim VR46 yang juga terjatuh di akhir sesi kualifikasi Q1.

Johann Zarco, pembalap Honda yang menghuni posisi ke-19 untuk LCR Racing, harus bekerja ekstra keras untuk mengejar ketertinggalannya. Dengan demikian, Francesco Bagnaia berhasil meraih pole position di MotoGP Belanda setelah menunjukkan performa yang sangat impresif. Semoga balapan besok akan menjadi pertarungan yang menarik dan penuh tantangan bagi para pembalap.

Related Articles

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.