Home News MotoGP Balapan MotoGP di Kazakhstan Dibatalkan, Tur Asia Tetap Berlangsung

Balapan MotoGP di Kazakhstan Dibatalkan, Tur Asia Tetap Berlangsung

by Dita
1719751671 fabio quartararo yamaha factor

Sirkuit Sokol: Kisah Pembatalan Debut MotoGP Kazakhstan

Balapan di Sirkuit Sokol sudah diragukan sejak pertama kali masuk dalam kalender. Awalnya, acara ini akan diadakan untuk pertama kalinya tahun lalu, tetapi ketika kejuaraan baru saja dimulai (April), pembatalannya diumumkan, mengingat pekerjaan pada fasilitas yang terletak di pinggiran kota Almati, tidak selesai sesuai jadwal.

Dengan pandangan ke 2024, penyelenggara menjadwalkan acara tersebut pada Juli, meskipun mereka membatalkannya beberapa bulan yang lalu, setelah curah hujan yang membuat negara tersebut berada dalam keadaan darurat iklim. Saat itu diputuskan bahwa acara tersebut akan ditempatkan di celah yang ditinggalkan oleh Grand Prix India, pada akhir pekan 20-22 September, yang juga dibatalkan setelah promotor lokal gagal memenuhi komitmennya.

Namun, Motorsport.com dapat mengungkapkan bahwa Kazakhstan juga tidak akan melakukan debut MotoGP kali ini, karena kurangnya jaminan dari penyelenggara lokal. Hal ini terlepas dari upaya yang telah dilakukan oleh Dorna dalam beberapa bulan terakhir, di mana mereka secara teratur mengirimkan kontingen untuk mempercepat semua pekerjaan yang masih tertunda.

Fakta bahwa sirkuit ini terletak di daerah yang sangat terpencil, tanpa banyak infrastruktur, tidak membantu. Ini adalah balapan ketiga yang dibatalkan setelah India dan Argentina, meskipun jumlah total balapan akan tetap 20 balapan.

Dorna, bersama dengan pihak lain yang mengelola acara tersebut, telah memilih untuk mengunjungi Qatar untuk kedua kalinya, sebuah acara yang membuka kalender tahun ini. Balapan di Losail akan menjadi yang pertama dari tur Asia yang sibuk, yang akan dimulai di pinggiran kota Doha pada 22 September, pekan berikutnya akan mengunjungi Indonesia (29 September), lalu Jepang (6 Oktober).

Kunjungan ke Asia akan ditutup dengan tiga seri beruntun di Australia (20 Oktober), Thailand (27 Oktober), dan Malaysia (3 November). Rangkaian tur ini diakhiri dua minggu kemudian di Valencia pada akhir pekan 15-17 November.

Dengan pembatalan debut MotoGP Kazakhstan, para penggemar balap motor di negara tersebut harus menunggu kesempatan lain untuk menyaksikan aksi para pembalap di Sirkuit Sokol. Meskipun demikian, tur Asia yang sibuk tetap menawarkan serangkaian balapan yang menarik dan menegangkan bagi para pecinta MotoGP di seluruh dunia. Semoga ke depannya, Kazakhstan dapat menjadi tuan rumah yang sukses bagi ajang balap motor bergengsi ini.

Related Articles

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.