Home News MotoGP Marc Márquez: 3 Tahun Tanpa Kemenangan

Marc Márquez: 3 Tahun Tanpa Kemenangan

by VR46 Fans
17200209217854

Pernahkah kalian merindukan kehadiran Marc Márquez di podium tertinggi? Sudah sepertinya sekali sejak cedera serius yang dialaminya di Jerez pada awal musim 2020. Sejak saat itu, pembalap asal Cervera ini belum kembali menjadi sosok yang mendominasi persaingan. Akibatnya, ia belum mampu menambah satu gelar lagi yang akan menyamai pencapaian Valentino Rossi dalam hal jumlah gelar juara (Rossi memiliki sembilan gelar sedangkan Márquez memiliki delapan).

Tentu saja, tanpa kemenangan hampir tidak mungkin untuk menjadi juara. Sejak patah tulang humerus lengan kanannya, pembalap asal Lleida ini telah melewati berbagai macam kesulitan. Namun, hal baiknya adalah dia mampu keluar dari labirin tersebut. Di Repsol Honda, ia terjebak dalam spiral yang sangat negatif. Namun, ia menemukan tujuan baru (Gresini) yang membuatnya kembali menikmati mengendarai motor. Ducati merupakan motor terkuat di grid dan meskipun tidak bersaing dengan yang terbaik, Marc selalu bersaing dengan yang terbaik setiap akhir pekan. Bahkan saat ini, ia menduduki posisi ketiga dalam klasemen kelas utama dengan 142 poin. Meski ia tertinggal jauh dari pemimpin klasemen Jorge Martín (200 poin) dan Pecco Bagnaia yang sedang on fire (190 poin), masalahnya bukanlah jarak tersebut, melainkan fakta bahwa ia sudah hampir tiga tahun tanpa meraih kemenangan.

Rintangan terburuknya: tiga tahun tanpa kemenangan. Bahkan, hari Minggu ini akan genap 987 hari sejak kemenangan terakhirnya di Misano. Sejak 24 Oktober yang jauh itu ketika ia memenangkan Grand Prix Emilia-Romagna, ia belum lagi memenangkan satu balapan pun. Dan jika tidak berhasil di Sachsenring, ia akan terpaksa menunggu lebih dari 1.000 hari untuk mencoba mematahkan kutukan tersebut. Seri berikutnya akan berlangsung di Silverstone pada awal Agustus.

Ini adalah rekor terburuk dalam karir suksesnya. Pada kekeringan sebelumnya, ia menunggu 581 hari antara kemenangan terakhirnya di Valencia 2019 dan kemenangan berikutnya… di Grand Prix Jerman 2021.

Sachsenring, taman bermain Marc. Faktanya, Sachsenring adalah sirkuit keberuntungan bagi Marc. Di lintasan Sachsen, ia telah meraih kemenangan sebanyak 11 kali (delapan di MotoGP, dua di Moto2, dan satu di Moto3). Ini adalah kesempatan yang jelas, seperti halnya di awal musim di Austin (ia terjatuh saat memimpin balapan), sirkuit favorit lainnya.

Marc sendiri menolak untuk dianggap sebagai favorit untuk meraih kemenangan pada akhir pekan ini. “Di Jerman, jika saya memiliki akhir pekan yang sempurna dan saya cepat, paling-paling saya akan berada pada level Jorge Martín dan Pecco Bagnaia untuk bersaing merebut podium atau kemenangan, tapi lebih dari itu, saya tidak melihatnya,” ujarnya di Assen.

Bagaimanapun juga, ini adalah permainan psikologis dan semua orang terlibat di dalamnya. Bagnaia mengalihkan tekanan kepada dua lawan utamanya dalam persaingan gelar MotoGP. “Saya pikir kita akan ke sirkuit di mana Jorge dan Marc memiliki sedikit keunggulan, tapi tahun lalu saya berjuang untuk balapan dengan Jorge, dan itu balapan yang luar biasa, sangat cepat. Saya pikir jika kita memulai dengan baik seperti akhir pekan ini, kita bisa bersaing untuk hasil besar. Tidak akan mudah, tapi menurut pendapat saya, dengan cara kita bekerja dan perasaan dengan motor, kita bisa melakukannya dengan baik,” kata bintang Ducati setelah penampilan magisnya di La Catedral balap motor.

Dan ‘Martinator’ juga mengungkapkan harapannya menjelang balapan besar sebelum liburan musim panas: “Saya pikir Sachsenring lebih cocok dengan gaya sirkuit saya daripada Assen. Tahun lalu saya bisa memenangkan kedua balapan, tapi jelas bahwa saya datang dengan semangat dan saya merasa kuat, baik. Kami sedang dalam momen yang bagus, mungkin bukan yang terbaik, kami mengalami banyak pasang surut, dan kami membutuhkan akhir pekan yang solid dari awal,” tutup pemimpin kokoh dalam kejuaraan.

Related Articles

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.