Home News MotoGP Marquez Bersaudara Raih Podium Bersama di Sachsenring

Marquez Bersaudara Raih Podium Bersama di Sachsenring

by Dita
segundo marc marquez gresini r

Marc dan Alex Marquez: Bersaudara di Podium MotoGP

Marc dan Alex Marquez akhirnya mewujudkan impian yang mereka miliki sejak kecil: berdiri di podium MotoGP bersama setelah upaya yang gagal pada 2020 karena cedera yang dialami oleh #93. Tapi Minggu (7/7/2024) di Sachsenring, mereka berdua melangkah lebih jauh.

Marc jadi runner-up di akhir pekan yang sangat sulit: dengan jari yang patah dan tulang rusuk yang retak setelah dua kali kecelakaan pada Jumat, dan start di urutan ke-13 akibat Stefan Bradl merusak lap Q1. Juara MotoGP enam kali naik 11 peringkat dalam balapan yang juga berantakan, karena Franco Morbidelli menyentuhnya di tengah balapan saat ia menutup jalurnya.

Alex, di sisi lain, setelah juga mengalami kecelakaan Sabtu dan tiba di hari utama akhir pekan dalam keadaan kesakitan, menyelesaikan balapan terbaiknya musim ini, dengan GP23 mulai membuat beberapa langkah maju setelah upgrade di Jerez. Selama balapan, ia bahkan berhasil menyalip Francesco Bagnaia. Ketika tampaknya ia akan kehilangan podium, kecelakaan Jorge Martin membuatnya meraih posisi ketiga. Itu adalah posisi tiga besar pertamanya di musim ini.

Dengan demikian, kedua pembalap Gresini Racing memberikan hari yang spektakuler bagi tim Faenza di Sachsenring. Pertanyaan pun muncul: apakah mereka jadi kakak beradik pertama yang naik podium di kelas motor berat? Jawabannya adalah tidak, tetapi mereka berdua tetap membuat sejarah, karena sudah hampir 30 tahun sejak hal ini terjadi di MotoGP, tepatnya 27 tahun.

Pasangan kakak beradik terakhir yang berdiri di podium kelas utama adalah Aoki dari Jepang. Nobautsu dan Takuma, pada Grand Prix 500 cc 1997 di Autodromo Enzo e Dino Ferrari, juga di bulan Juli.

Pada saat itu, dua bersaudara (sebenarnya ada tiga, termasuk Haruchika, yang merupakan juara 125 cc dua kali pada 1995 dan 1996) mengendarai motor yang sama, Honda. Nobuatsu finis kedua di balapan itu, 8,6 detik di belakang pemenang, Mick Doohan di era keemasannya, dan Takuma berada di urutan ketiga, tertinggal 20 detik, di depan pembalap Spanyol Carlos Checa, yang masih berada di posisi lima besar yang diisi oleh motor-motor HRC (urutan kelima Tadayuki Okada).

Dengan demikian, Marquez bersaudara memecahkan rekor berusia 27 tahun ini, meskipun mereka bukan satu-satunya kakak beradik yang pernah membalap di kejuaraan pada saat itu. Tanpa melangkah lebih jauh, Espargaro bersaudara telah menjadi contoh paling jelas sampai Pol pindah ke samping pada 2023 dan Aleix pensiun di akhir musim ini.

Related Articles

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.