Home News MotoGP GP Kazakhstan Dibatalkan, Misano Jadi Pengganti

GP Kazakhstan Dibatalkan, Misano Jadi Pengganti

by Dita
1721042713 jorge martin pramac racing

Balapan MotoGP di Kazakhstan Kembali Ditunda

Pengumuman terbaru yang dirilis pada Senin (15/7/2024) mengejutkan banyak pihak, terutama para penggemar MotoGP. Balapan yang seharusnya digelar di Kazakhstan harus kembali ditunda, membuat ini menjadi kali ketiga sejak pertama kali dimasukkan dalam kalender balap MotoGP.

Sokol, sirkuit yang menjadi tempat debut balapan di Kazakhstan seharusnya pada tahun 2023 lalu. Namun, karena beberapa alasan teknis, debut tersebut harus ditunda hingga Juli tahun ini. Namun, belum ada kepastian kapan balapan tersebut akan benar-benar digelar.

Banjir yang melanda daerah tersebut menjadi alasan utama mengapa seri Kazakhstan kembali harus ditunda. Meskipun sempat diyakini dapat menggantikan GP India yang dibatalkan pada bulan September, kurangnya jaminan yang ditawarkan oleh promotor lokal membuat MotoGP memutuskan untuk membatalkan balapan di Kazakhstan.

Sekarang, dengan pembatalan balapan di Kazakhstan, ini menjadi grand prix ketiga musim ini yang harus dibatalkan setelah India dan Argentina. Dengan demikian, kalender balap MotoGP musim ini berkurang menjadi 20 dari 22 balapan sebelumnya.

Sebagai upaya menggantikan balapan di Kazakhstan, Dorna mencoba mencari alternatif lain. Awalnya, rencananya adalah menggantikan dengan putaran kedua di Qatar, namun terdapat beberapa masalah yang membuat rencana tersebut harus dibatalkan.

Setelah melalui pertimbangan yang matang, Dorna akhirnya setuju untuk menggelar grand prix kedua di Misano. Trek Misano akan menjadi tuan rumah GP San Marino pada 6-8 September, diikuti dengan program tambahan pada 20-22 September.

Namun, setelah munculnya masalah baru yang membuat acara tersebut tidak dapat diselenggarakan, Dorna kembali harus mencari opsi lain. Tujuannya adalah untuk menghindari kalender yang hanya terdiri dari 19 balapan, yang tentu akan menjadi kekecewaan bagi para penggemar MotoGP.

Ide pertama yang muncul adalah mengatur kunjungan kedua ke Qatar, yang sebelumnya menjadi tuan rumah pembuka musim pada Maret. Namun, kegagalan untuk mencapai kesepakatan dengan Qatar dan kondisi cuaca yang kurang mendukung pada bulan September membuat rencana tersebut harus dibatalkan.

Akhirnya, Valencia dan Misano menjadi pilihan terbaik sebagai pengganti balapan di Kazakhstan. Meskipun sempat muncul wacana untuk kembali ke Brno, namun akhirnya Misano yang dipilih sebagai pengganti. Tim-tim harus menghadapi tantangan logistik untuk menyiapkan segala sesuatunya agar motor bisa turun ke lintasan di Indonesia, hanya lima hari setelahnya.

Dengan begitu, para penggemar MotoGP harus bersabar menunggu informasi lebih lanjut mengenai jadwal balapan yang baru. Semoga semua masalah segera terselesaikan dan balapan MotoGP di Kazakhstan dapat segera digelar tanpa ada hambatan lagi.

Related Articles

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.