Home News MotoGP KTM Harus Segera Berinovasi untuk Kembali ke Puncak

KTM Harus Segera Berinovasi untuk Kembali ke Puncak

by Dita
jack miller red bull ktm facto

KTM: Dari Puncak ke Jurang, Mencari Kembali Kejayaan

Tiga kali naik podium secara beruntun di awal musim, kehebatan KTM kini tampak seperti kenangan. Membayangkan bahwa Brad Binder mampu finis hanya 1,239 detik di belakang pemenang balapan Francesco Bagnaia (Ducati) di Qatar hanya empat bulan yang lalu, hampir sulit dipercaya, melihat posisi KTM saat ini.

Sebagai perbandingan, lihatlah GP Jerman dua pekan lalu. Pembalap GasGas Tech3, Pedro Acosta, yang berada di posisi teratas dengan RC16, hanya finis di urutan ketujuh dan tertinggal lebih dari 14 poin dari sang pemuncak klasemen, sepekan setelah Binder mengibarkan bendera finis P6.

Faktanya, sejak Acosta finis kedua di GP Amerika Serikat pada April, pembalap KTM hanya mampu finis di posisi lima besar hanya satu kali di grand prix. Statistik tersebut cukup suram.

Pembalap tim pabrikan Jack Miller membuat pernyataan pedih di Sachsenring yang dapat menjelaskan mengapa performa KTM tiba-tiba menghilang.

“Kami menggunakan paket yang sama dalam hal bahan dasar, kami memiliki bahan yang sama dengan Misano tahun lalu,” katanya. “Akan selalu ada atap dan Anda perlu mengembangkan dan membuat hal-hal yang lebih baik untuk meningkatkannya dan memindahkan atap lebih jauh.

“Kami menggunakan sasis yang sama dengan yang kami gunakan sejak Misano tahun lalu, tambahan pertama dari rangka serat karbon, tetapi kami belum melakukan penyesuaian atau melakukan apa pun untuk itu.

“Ada beberapa area yang bisa kami perbaiki pada motor untuk meningkatkan performa.”

KTM, tentu saja, mengguncang paddock MotoGP pada September lalu ketika pembalap tes Dani Pedrosa memulai debutnya dengan sasis yang seluruhnya terbuat dari serat karbon di Misano.

Baik Miller dan Binder beralih ke rangka yang sama di bulan itu, menandai lompatan besar bagi pabrikan asal Austria tersebut dalam upayanya untuk mengejar Ducati yang selalu menjadi juara.

Namun, fakta bahwa KTM belum mampu memperbaiki sasis tersebut dalam 10 bulan ke depan menunjukkan seberapa jauh mereka tertinggal dalam perlombaan pengembangan sejak saat itu. Dari menghadirkan inovasi baru hingga tidak memperkenalkan pembaruan besar, ini merupakan sebuah kemajuan yang cukup besar bagi Pierer Mobility Group.

Tentu saja, memasang suku cadang baru pada motor setiap akhir pekan tidak selalu membawa peningkatan performa. Apa yang KTM butuhkan adalah rencana metodis, seperti yang dijelaskan Binder selama akhir pekan di Sachsenring.

“Kami sudah lama tidak melakukan pembaruan, pastinya,” katanya. “Lebih dari segalanya (yang) kami butuhkan adalah pemahaman yang jelas tentang arah mana yang harus kami tuju.

“Kami telah banyak bermain dengan keseimbangan akhir pekan ini [di Sachsenring] dan akhirnya kami melakukan hal-hal yang belum pernah kami lakukan sebelumnya yang tidak masuk akal tetapi itu membuat motor sedikit lebih baik.

“Jelas kami perlu memahami beberapa hal dengan lebih baik dan kemudian kami dapat membawa suku cadang untuk membantu kami.”

Untuk membantu menemukan arah yang jelas, KTM juga harus memahami sepenuhnya di mana tepatnya RC16 tertinggal dari para pesaingnya. Meskipun mesin yang menggerakkan motor ini telah terbukti handal dan cepat, ada beberapa area lain yang membutuhkan fokus tambahan.

“Kami butuh sedikit lebih banyak grip, sedikit lebih banyak belokan,” kata Miller. “(Dengan) kecepatan tertinggi kami baik-baik saja, mesinnya kuat dan paket aero cukup kuat. Kami bisa memahami posisi kami di bagian depan motor.

“Ini hanya masalah apa yang perlu kami lakukan untuk mendapatkan sedikit lebih banyak belokan, sedikit lebih banyak cengkeraman di bagian depan dan belakang untuk melaju lebih cepat dan mengerem lebih lambat, tancap gas lebih awal dan mudah-mudahan bisa membawa lebih banyak kecepatan di tikungan.”

Setelah GP Jerman, Acosta membeli ‘tiket sekali jalan’ ke Austria untuk bertemu dengan para petinggi di KTM, memahami bagaimana program MotoGP dijalankan dari dalam dan membantu tim memperbaiki kelemahan RC16.

Ia akan ditemani oleh kepala teknis Paul Trevathan dan kepala suspensi Miguel Olivenza.

Acosta awalnya berencana untuk berbicara dengan kepala teknologi KTM Fabiano Sterlacchini dalam kunjungannya ke Austria, tetapi mantan tangan kanan Gigi Dall’Igna ini berpisah dengan tim setelah akhir pekan di Sachsenring.

Namun demikian, pembalap Spanyol itu akan menyibukkan diri dengan serangkaian pertemuan dengan anggota tim pabrikan lainnya. Kunjungan ini tidak hanya penting bagi KTM tetapi juga bagi Acosta sendiri, karena dapat membantunya mengetahui apakah ia berada di tempat yang tepat untuk memperjuangkan gelar juara MotoGP dalam waktu dekat.

KTM sangat beruntung memiliki pembalap top seperti Acosta di sayapnya dan sudah selayaknya menawarinya kontrak awal untuk tim pabrikan hingga 2025. Penambahan pemenang balapan Enea Bastianini dan Maverick Vinales juga akan menjadi dorongan besar bagi tim ini, terutama karena mereka menggantikan dua pemain yang lemah dalam susunan pembalap – Miller dan Augusto Fernandez.

Namun dengan Ducati yang berada di “liga tersendiri” menurut Binder, KTM sekarang harus bekerja untuk menghadirkan pembaruan yang berarti untuk memastikan motornya dapat menyamai talenta pembalapnya.

Dengan demikian, langkah-langkah strategis dan pembaruan yang tepat perlu segera diimplementasikan oleh KTM agar kembali meraih kejayaan dan bersaing di papan atas MotoGP. Semoga dengan upaya keras dan kerja sama tim, KTM dapat kembali menjadi kekuatan yang harus diwaspadai di lintasan balap MotoGP.

Related Articles

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.