Home News MotoGP Freddie Spencer Mundur sebagai Kepala Steward MotoGP

Freddie Spencer Mundur sebagai Kepala Steward MotoGP

by Dita
freddie spencer

Freddie Spencer Mengundurkan Diri dari Panel Steward MotoGP, Siapakah Penggantinya?

Freddie Spencer, juara dunia 500 cc dua kali, telah menjadi kepala steward MotoGP sejak posisi tersebut dibentuk pada tahun 2019. Namun, pada Rabu (24/7/2024) sore, diumumkan bahwa Spencer akan mengundurkan diri dari panel steward setelah lima tahun menjabat. Saat ini masih belum jelas apakah dia akan mendapatkan peran lain di FIM atau Dorna.

Mantan pembalap motor lainnya, Crafar, yang terkenal dengan perannya di siaran TV internasional, akan menggantikan Spencer mulai awal musim MotoGP 2025. Spencer, yang juga juara dunia 250 cc pada tahun 1985, menyatakan, “Saya senang sekali bisa menjadi ketua pertama panel, dan bekerja untuk menempatkan orang-orang dan prosedur yang luar biasa yang kami miliki sekarang. Ketika saya diminta untuk menjadi ketua, saya menerimanya karena saya ingin berkontribusi pada olahraga ini dan saya bangga dengan masa jabatan saya. Saya menantikan beberapa proyek menarik di masa depan, dan saya tahu tim ini akan berada di tangan yang tepat bersama Simon.”

Peran baru Crafar di ruang kontrol balapan berarti ia tidak akan lagi menjadi salah satu wajah dari liputan TV MotoGP di pasar berbahasa Inggris. Crafar menyatakan, “Saya sangat menantikan tantangan baru ini. Saya tidak mengambil keputusan dengan mudah untuk membuat perubahan ini dan menerima penunjukan ini, karena ini berarti meninggalkan peran yang sangat saya nikmati, tetapi setelah tujuh tahun menjadi komentator MotoGP, saya siap untuk sesuatu yang baru. Saya akan mendekati posisi baru ini dengan memanfaatkan pengalaman saya di dalam dan di luar motor sebagai pembalap, teknisi, pelatih, dan jurnalis, tetapi yang lebih penting adalah kecintaan saya pada olahraga ini dan rasa hormat saya kepada para pesaing. Saya merasa terhormat bisa dipercaya untuk mengemban tanggung jawab ini dan dinominasikan untuk posisi ini.”

Penunjukan Crafar sebagai kepala steward MotoGP menyusul kritik keras terhadap beberapa keputusan yang diambil Spencer belakangan ini. Pembalap LCR Johann Zarco secara terkenal menyebut Spencer “tidak cukup baik untuk pekerjaan ini” setelah insiden dengan Aleix Espargaro dari Aprilia di Grand Prix Spanyol, tetapi kemudian mengakui bahwa kemarahannya terhadapnya “tidak profesional”. Keputusan untuk tidak mengambil tindakan apa pun untuk dua insiden penting di Grand Prix Prancis, termasuk yang melibatkan Espargaro dan Enea Bastianini dari Ducati, juga menyoroti beberapa kekurangan dalam proses perwasitan MotoGP.

Sesuai dengan sistem yang berlaku saat ini, Spencer dibantu oleh dua steward lain dari panel, yang keduanya dinominasikan oleh FIM. Dengan pengunduran diri Spencer dan penggantian oleh Crafar, MotoGP akan menyaksikan perubahan dalam penegakan aturan dan keputusan steward di musim balap mendatang. Semua mata akan tertuju pada bagaimana Crafar akan mengelola tugas barunya dan apakah dia akan membawa perubahan positif dalam proses perwasitan MotoGP. Semoga dengan adanya pergantian ini, MotoGP dapat semakin meningkatkan profesionalisme dan kualitasnya sebagai ajang balap motor paling bergengsi di dunia.

Related Articles

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.