Home News MotoGP Joan Mir Perpanjang Kontrak dengan Honda hingga 2024

Joan Mir Perpanjang Kontrak dengan Honda hingga 2024

by Dita
1721982967 joan mir repsol honda

Juara Dunia MotoGP 2020 Joan Mir Perpanjang Kontrak dengan Honda

Pada 18 Juni lalu, Motorsport.com melaporkan bahwa Juara Dunia MotoGP 2020, Joan Mir, akan melanjutkan kontraknya dengan Honda selama dua musim lagi. Kesepakatan ini baru saja diresmikan pada Jumat, 26 Juli 2024.

Dalam pernyataan resmi dari tim, Joan Mir menyatakan, “Pertama-tama, saya sangat senang bisa melanjutkan balapan bersama Honda dan HRC untuk dua tahun ke depan. Sudah menjadi tujuan saya untuk memperpanjang kerjasama ini, dan kali ini saya berhasil mencapainya.”

Joan Mir bergabung dengan Honda pada tahun 2023 setelah sebelumnya membalap bersama Suzuki selama empat tahun, dari 2019 hingga 2022. Bersama Honda, Mir berhasil meraih 1 kemenangan dan total 13 podium, termasuk 7 podium pada musim 2020 yang cukup untuk membuatnya menjadi juara dunia MotoGP pertama setelah era keemasan Marc Márquez.

Marquez sendiri adalah rekan setim pertama Mir di tim pabrikan Honda pada tahun 2023. Namun, pada musim tersebut, penurunan pengembangan RC213V terlihat jelas, yang menyebabkan Marquez meninggalkan tim dan bergabung dengan tim satelit Ducati, Gresini.

Setelah musim 2023 yang sulit bagi Mir, awal musim 2024 juga tidak berjalan mulus. Namun, perubahan arah dalam pengembangan Honda di tahun 2025, antara tes resmi di Jerez dan Misano, membuat Mir yakin untuk tetap memimpin proyek tersebut. Meskipun hasilnya di musim keduanya bersama Honda tidak begitu bagus, Mir tetap menjadi salah satu pembalap dengan bayaran tertinggi di grid.

Secara olahraga, hasil yang diraih Mir di musim keduanya bersama Honda tidak begitu memuaskan. Dia hanya berhasil meraih 13 poin dan menempati posisi ke-18 dalam klasemen. Namun, dari sudut pandang Honda, Mir adalah pembalap Honda dengan peringkat tertinggi, mengungguli Johann Zarco, Takaaki Nakagami, dan rekan setimnya yang baru, Luca Marini.

Saat ini, para insinyur Honda lebih menghargai kontribusi pembalap yang sudah mengenal motor dan sistem kerjanya daripada pembalap baru yang harus memulai dari nol. Hal ini terlihat dari performa Marini yang belum maksimal di musim pertamanya bersama tim.

Dengan perpanjangan kontrak ini, Joan Mir dan Honda diharapkan dapat terus bekerja sama untuk meningkatkan performa RC213V dan meraih kesuksesan lebih lanjut di kejuaraan MotoGP. Semoga kerjasama ini dapat membawa kesuksesan bagi kedua belah pihak di masa depan.

Related Articles

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.